Agar Kamu Makin Cuan, Begini Cara Mulai Peluang Bisnis Online Bagi Pemula

oleh
Memulai peluang bsinis online. (Foto: Dok Net)

BloggerTerbaik – Memilih bisnis secara daring banyak dipilih orang karena dianggap lebih mampu menekan modal, tetapi memberikan keuntungan yang cukup besar.

Mengambil peluang bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja serta dapat dilakukan oleh pemula maupun yang berpengalaman (expert).

Memulai peluang bisnis online tidak serta merta dapat dimulai tanpa persiapan matang. Karena bisnis online berkelanjutan, ada baiknya kamu harus memahami strategi dari bisnis yang bakal dilakukan tersebut.

Berikut cara memulai peluang bisnis online bagi pemula. Di masa pandemi Covid-19 ini merupakan waktu yang tepat bagi kamu untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Dimulai Ide Kreatif

Biasanya sebagian besar bisnis online yang suskes dimulai dari sebuah ide kreatif. Meskipun produk atau jasa yang ditawarkan sama, namun ada kelebihan yang menjadi pembeda.

Untuk mendapatkan ide, kamu dapat memulainya dari melihat keterampilan, keahlian (skill), hobi dan pengetahuan yang kamu miliki.

Kamu dapat mendiskusikan ide itu kepada teman, kerabat atau keluarga. Bila dirasa kurang, kamu jangan ragu belajar untuk menambah pengetahuan dan keahlian.

Tentukan Konsepnya

Pasca melakukan brainstorming ide bisnis online, langkah selanjutnya menentukan produk yang dijual secara online dan seperti apa konsepnya.

Misalnya untuk produk tertentu. Seperti baju, tas, perhiasan, jeans, furniture, dan lain-lain. Apakah akan Anda buat sendiri berdasarkan pesanan, rekanan atau kerja sama, maupun dropshipping.

Segmentasi Pasar

Barang atau jasa yang akan kamu jual sebagai bisnis online pasti mempunyai pangsa pasar tersendiri.

Hal pertama yang kamu harus lakukan yaitu memahami seluk beluk barang atau jasa yang akan kamu jual. Berikutnya buat catatan kebutuhan seperti apa yang diminati oleh pasar.

Dalam memahami area fokus minat peluang bisnis kamu, pelajari juga karakteristik pasar. Antara lain, jenis kelamin, status sosial, dan usia dominan dari calon pembeli produk kamu.

Selain itu, juga pahami juga cara memasarkan produk kamu agar terfokus kepada pangsa pasar yang kamu tuju.

Pilih Media Sosial yang Tepat

Jualan secara online dapat dilakukan melalui media sosial. Seperti Facebook dan Instagram. Di samping itu, juga bisa melalui aplikasi bertukar pesan seperti WhatsApp dan Telegram.

Namun, jika ingin lebih serius dan pangsanya luas, kamu dapat bergabung dengan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak.

Ketika memasarkan produk, pastikan kamu telah membuat konten produk barang atau jasa dengan baik.

Karena dipasarkan melalui media daring yang jangkauannya sangat luas, maka pastikan tampilan produk barang atau jasa yang ditawarkan menarik untuk mengenalkan brand kamu.

Buat Promosi yang Baik

Para pembeli biasanya suka promosi. Apalagi jika harga yang kamu tawarkan cukup murah di antara kompetitor lain. Pelajari cara membuat promosi yang baik dan menarik bisa dari media mana pun, salah satunya YouTube.

Meski begitu, hindari membuat promosi terlalu sering karena akan berdampak kurang baik terhadap citra brand kamu.

Lakukan Evaluasi

Setelah kamu jalankan, pasti akan menemukan kesulitan dan kekurangan dari cara-cara yang telah kamu riset bisnis tersebut.

Kemudian catat dan evaluasi apa yang menyebabkan produk kamu tidak sampai dengan baik ke target pasar. Misalnya, bagaimana menaikkan kinerja penjualan, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *