Ini Bedanya KOC/KOL dan Influencer

oleh
Ilustrasi

BloggerTerbaik – Pasti kalian sudah tidak asing mendengar kata Influencer, KOC, dan KOL di era digital ini. Kelihatannya sama ya, orang yang mempromosikan barang di media sosial dan disebut-sebut sebagai salah satu rahasia marketing pilihan para brand.

Tapi ternyata Influencer, KOC, dan KOL, punya pengertian yang berbeda, lho! Mari kita bahas satu-persatu.

1.Influencer
Seperti namanya, infleuncer bertugas untuk mempengaruhi masyarakat memiliki sebuah produk. Influencer hanya fokus terhadap media sosialnya sendiri, mereka menggunakan media sosial untuk promosi diri maupun brand untuk kerja sama.

Influencer juga memiliki citra yang mereka bangun sendiri di media social. Sebagai contoh, influencer yang membangun citra dirinya sebagai beauty enthusiast yang sering membicarakan skincare dan make up, maka audiens dengan minat yang sama akan mulai mengikuti konten yang dibuat oleh influencer tersebut.

Influencer juga dibagi berdasarkan followersnya, mega influencer (dengan followers lebih dari 1juta), macro influencer (dengan followers lebih dari 100.000), micro influencer (dengan followers lebih dari 10.000), dan nano infleuncer yang baru merintis karirnya (dengan followers kurang dari 10.000).

Selain jumlah followers, infleuncer bisa dibagi lagi berdasarkan platform media sosial yang aktif mereka mainkan. Seperti YouTube, TikTok, Instegram, dll.

2. KOL (Key Opinion Leader)

Berbeda dengan influencer yang membangun citra dari minat masyarakat, Key Opinion Leader (KOL) adalah individu yang benar-benar berprofesi dan punya keahlian pada suatuA bidang.

Misalnya seorang psikolog, dokter, bahkan jurnalis, mereka punya latar belakang pendidikan, ilmu dan kemampuan yang sudah terakreditasi.

Pada akhirnya keahlian yang jelas itu membuat masyarakat percaya terhadap produk yang dipromosikan oleh para KOL yang sesuai dengan bidangnya. Bukan hanya di media sosial, KOL juga eksis di dunia nyata sebagai profesinya, bahkan ada yang sampai ke televisi.

KOC (Key Opinion Consumer)

KOC (Key Opinion Consumer) pada dasarnya sama seperti influencer yang kita kenal selama ini, orang yang dapat mempengaruhi orang untuk membeli produk sekaligus membantu orang untuk memilih produk yang akan dibeli.

Hanya karena agar penulisannya lebih rapi jika disandingkan dengan KOL, istilah influencer sekarang lebih dikenal dengan KOC. Jadi banyak penulisan KOC/KOL dibanding Influencer/KOL.

KOC maupun KOL, keduanya memiliki peran sebagai influencer untuk mempengaruhi orang untuk membeli sebuah produk yang mereka promosikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *