Ini 9 Manfaat Luar Biasa Lobak Putih bagi Kesehatan Tubuh

oleh
Lobak putih (Foto: Istimewa)

  Blogger Terbaik – Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari akar seperti halnya kentang dan buah bit. Sayuran ini termasuk dalam famili cruciferous bersama dengan pok choy, kubis mini, brokoli, dan kale. Sama seperti tanaman cruciferous lain, lobak juga kaya akan nutrisi dan rendah kalori.

Sayuran yang punya nama Latin Raphanus sativus ini memiliki banyak jenis yang berbeda yang bervariasi, baik dalam bentuk, warna dan rasanya.

Bentuk lobak bisa bervariasi, ada yang bulat, panjang dan kecil. Bagian kulit berwarna merah, hitam, putih, kuning, merah muda, atau ungu sesuai dengan jenisnya.

  Lobak putih (Raphanus sativus) merupakan sayuran yang banyak digunakan dalam masakan Asia dan India, seperti semur, sup, atau kari. Hal ini karena lobak dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat ini berasal dari beragam nutrisi di dalamnya, seperti vitamin C dan serat.Selain kandungan vitamin C dan serat yang tinggi, manfaat lobak putih juga berasal dari nutrisi lain yang tidak kalah penting, misalnya protein, vitamin B, dan kalium. Berikut beberapa manfaat lobak bagi kesehatan.

    Manfaat Lobak untuk Kesehatan Tubuh

    1. Mengontrol gula darah

Tidak hanya sebagai antibakteri dan antijamur, lobak putih juga dapat mengontrol kadar gula darah karena sayuran ini memiliki zat yang bersifat antidiabetes, yaitu glucosinolate dan isothiocyanate.

Manfaat lobak putih ini pun didukung dengan penelitian yang mengungkapkan bahwa biji lobak dapat meningkatkan penyerapan gula dari darah ke dalam jaringan dan mencegah terjadinya resistensi insulin, yaitu kondisi ketika sel tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik.

     2. Menurunkan Risiko Kanker

      Mengonsumsi sayuran cruciferous yang banyak termasuk lobak, dapat berhubungan dengan risiko kanker yang rendah. Sayuran ini mengandung beberapa senyawa yang mungkin melindungi tubuh dari kanker tertentu.

Makanan yang mengandung senyawa yang disebut sulforaphane juga berpotensi memiliki peran dalam pengobatan kanker, dan sayuran cruciferous ternyata mengandung kadar sulforaphane yang tinggi lho! Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa senyawa sulforaphane dapat mengganggu fungsi histone deacetylase, yaitu enzim yang berperan dalam perkembangan sel kanker.

      3. Melawan infeksi jamur

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa semua jenis tanaman lobak, termasuk lobak putih, mengandung zat yang bersifat antijamur. Zat ini dapat membasmi jamur jenis Candida albicans, yaitu salah satu jenis jamur yang sering menyebabkan infeksi pada manusia.

4. Memberikan Efek Antiinflamasi

       Inflamasi memiliki hubungan dengan banyak penyakit kronis seperti arthritis, kanker, dan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh pengerasan arteri. Kandungan glukosinolat dalam lobak terurai menjadi indole dan isothiocyanates, yang keduanya merupakan produk sampingan bioaktif yang memiliki sifat antiinflamasi. Salah satu jenis indole yang spesifik di dalam lobak adalah arvelexin. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan ini mampu menghambat senyawa pro-inflamasi seperti oksida nitrat, yaitu sejenis radikal bebas yang terlibat dalam proses peradangan.

    5.  Peningkatan fungsi hati

Manfaat lobak putih juga bisa meningkatkan fungsi hati. Lobak mengandung indole-3-carbinol dan 4-methylthio-3-butenyl-isothiocyanate, yang membantu detoksifikasi hati dan menyembuhkannya dari kerusakan.

Senyawa ini juga membantu ginjal membuang racun.

6. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lobak putih juga bisa menjaga kesehatan jantung. Lobak kaya akan antioksidan dan mineral seperti kalsium dan potasium.

Kedua nutrisi ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung. Lobak juga merupakan sumber nitrat alami yang baik untuk meningkatkan aliran darah.

7. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Manfaat lobak putih juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Lobak memiliki vitamin C yang tinggi.

Kandungan tersebut membuat manfaat lobak dapat melindungi tubuh dari flu biasa dan batuk serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga membantu mengontrol peradangan dan penuaan dini. Namun, Anda harus mengkonsumsinya secara teratur.

8. Melancarkan pencernaan

Manfaat lobak putih untuk kesehatan juga bisa memperlancar pencernaan. Lobak termasuk salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak serat dan protein.

Sehingga mengkonsumsi lobak mampu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit atau permasalahan pencernaan lainnya.

9. Menjaga kesehatan tulang

Lobak juga termasuk salah satu jenis sayuran yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini karena lobak mengandung kalsium, fosfor, serta antioksidan. Bahkan, beberapa riset menunjukkan bahwa asupan tinggi sayuran, termasuk lobak, bisa mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

Meski demikian, untuk mengoptimalkan manfaat lobak yang satu ini, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat lain yang kaya akan kalsium, vitamin D, dan juga menjalani gaya hidup sehat agar tulang dan sendi tetap kuat.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *