Berikut Beberapa Manfaat dan Jenis Ikan yang Bagus Untuk MPASI

oleh
Ilustrasi ikan lele, ikan yang bagus untuk MPASI (Foto: Istimewa)‎

Blogger Terbaik – Ikan dikenal sebagai sumber protein hewani yang baik bagi tubuh, selain daging dan ayam.Ikan merupakan salah satu bahan makanan pilihan yang bagus diberikan pada bayi usia 6 bulan untuk MPASI karena kaya akan nutrisi.

MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping ASI, ini merujuk pada makanan tambahan yang diberikan kepada bayi selain ASI (Air Susu Ibu), biasanya mulai diberikan Setelah bayi mencapai usia 6 bulan.

Sangat penting untuk memastikan ikan apa saja yang akan dijadikan MPASI, jangan sampai kita salah memilih makanan untuk MPASI sikecil. Jika perlu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi, sebelum memberikan ikan atau jenis makanan baru lainnya ke dalam MPASI bayi.

MPASI merupakan langkah penting dalam perkembangan bayi karena ASI atau susu formula tidak lagi dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi mereka.

Selain itu tujuan dari MPASI adalah memperkenalkan bayi pada berbagai jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka yang semakin bertambah seiring pertumbuhan. Ikan kaya akan protein hewani serta dapat memberi variasi tekstur dan rasa pada lidah bayi.

Namun, bila timbul reaksi alergi pada bayi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Manfaat Ikan untuk MPASI

  • Sumber protein: ikan adalah sumber protein hewani yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.
  • Asam lemak omega-3: ikan seperti salmon dan tuna, mengandung asam lemak omega-3 yang mendukung perkembangan otak serta penglihatan bayi
  • Zat besi: ikan juga mengandung zat besi, yang diperlukan untuk mencegah anemia pada bayi
  • Kalsium: beberapa jenis ikan, seperti ikan teri, mengandung kalsium yang baik untuk perkembangan tulang dan gigi bayi.
  • Sumber nutrisi lainnya: ikan juga mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin D, vitamin B12, dan seng.

Beberapa jenis ikan yang baik untuk MPASI

  • Ikan salmon

Salmon adalah salah satu ikan yang kaya akan asam lemak omega-3, yang penting untuk perkembangan otak dan penglihatan bayi

  • Ikan tuna

Ikan tuna juga mengandung asam lemak omega-3

  • Ikan teri

Ikan teri adalah sumber kalsium yang baik

  • Ikan kakap

Ikan kakap mengandung protein dan nutrisi penting lainnya untuk pertumbuhan bayi

  • Ikan sarden

Ikan sarden juga memiliki sumber nutrisi seperti kalsium, vitamin D dan omega-3 yang baik untuk kesehatan bayi.

  • Ikan lele

Lele adalah salah satu pilihan termurah untuk mendapatkan nilai gizi tinggi dari makanan rendah kalori. Ikan lele cocok untuk dijadikan sebagai menu MPASI si Kecil karena memiliki kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi.

Ikan ini juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin B12, protein, omega-3, dan kolin sekaligus. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients disebutkan bahwa kolin dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar serta daya ingat si Kecil.

  • Ikan nila

Ikan nila mengandung banyak jenis vitamin dan mineral di dalamnya. Ikan air tawar ini kaya akan niasin, vitamin B12, fosfor, selenium, dan potasium.

  • Ikan bandeng

Kandungan gizi ikan bandeng antara lain asam amino, protein, lemak sehat, dan berbagai vitamin seperti vitamin B12, B3, dan B6. 

  • Ikan kembung

Jenis ikan yang bagus untuk MPASI ini dianggap sebagai salah satu ikan yang paling bergizi. Ikan kembung merupakan sumber protein yang sangat baik, vitamin B2, B3, B6, dan B12, dan vitamin D.

Dagingnya juga penuh dengan mineral seperti, selenium, dan yodium. Beberapa ikan kembung juga mengandung zat besi dan vitamin B1 dalam jumlah yang baik.

 (Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *