Bahan Alami yang Efektif Untuk Menghilangkan Ketombe

oleh
Ilustrasi ketombe pada seseorang (Foto: Istimewa)

Blogger Terbaik – Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang sering mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, ketombe juga dapat menimbulkan rasa gatal berlebih yang bisa membuat penderitanya tidak nyaman.

Ketombe adalah kondisi dimana kulit kepala ditemukan skuama atau serpihan-serpihan kulit kepala atau pengelupasan lapisan kulit kepala secara berlebiha.  Ketombe ini berwarna putih keabu-abuan atau kadang kekuningan yang berminyak tetapi tidak melekat erat di kulit kepala. Ketombe sering ditemukan di permukaan kulit kepala di antara rambut maupun di bahu.

Masalah ketombe lebih sering muncul pada orang yang jarang melakukan keramas atau kurang menjaga kebersihan ‎rambut. Ketombe juga dapat muncul akibat produksi minyak atau sebum yang berlebihan di kulit ‎kepala, stres, perubahan hormon, hingga penyakit tertentu. Untuk menghilangkan ketombe kita dapat memanfaatkan beberapa bahan alami yang tersedia di sekitar kita seperti berikut ini.

Bahan alami yang dapat membantu  untuk ‎menghilangkan ketombe:

1.      Minyak kelapa

Terkenal akan berbagai manfaat kesehatan, minyak kelapa juga sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi ketombe. Minyak ini dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit, serta mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit. Penelitian lain menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu pengobatan eksim, suatu kondisi kulit yang dapat menyebabkan ketombe.

2.      Minyak zaitun

Selain minyak kelapa, menggunakan minyak zaitun juga menjadi salah satu cara alami menghilangkan ketombe karena dapat membantu melembapkan serta mengurangi pengelupasan kulit kepala.

Untuk menggunakannya, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata, kemudian gunakan penutup kepala dan diamkan selama satu malam. Pada pagi harinya, keramaslah menggunakan sampo untuk membersihkan sisa minyak zaitun yang menempel pada rambut dan kulit kepala.

3.      Minyak pohon teh (Tea tree oil)

Sudah sejak dulu, minyak pohon teh telah digunakan untuk mengobati penyakit mulai dari jerawat hingga psoriasis, termasuk ketombe.

Selain itu,  Tea tree oil terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, sehingga dapat membantu meringankan gejala ketombe. Faktanya, minyak pohon teh efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

4.      Aloe vera

Aloe vera atau sering disebut lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya adalah untuk mengusir ketombe di kulit kepala Anda.

Sifat antibakteri dan antijamur dalam lidah buaya dapat membantu melindungi dari ketombe. Demikian pula, dala sebuah penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya efektif melawan beberapa spesies jamur dan dapat membantu mengendalikan infeksi yang menyebabkan rambut rontok dari kulit kepala.

5.      Lemon atau Jeruk Nipis

Cara mengatasi ketombe berikutnya adalah dengan menggunakan perasan air lemon atau jeruk nipis. Hal ini dikarenakan, lemon dan jeruk nipis mengandung berbagai macam nutrisi yang mampu membasmi ketombe serta mengoptimalkan pertumbuhan akar rambut, seperti vitamin C, flavonoid, asam sitrat, magnesium, dan lain sebagainya.

6.      Bawang putih

Menggunakan bawang putih juga menjadi salah satu cara menghilangkan ketombe yang mudah dilakukan. Bawang putih memiliki kandungan yang bersifat antijamur sehingga sangat efektif dalam membasmi ketombe yang muncul di kulit kepala.

Untuk menghilangkan ketombe, bawang putih dapat dijadikan sebagai masker rambut dengan cara menumbuknya hingga halus, lalu dicampur dengan air dan madu. Setelah itu, aplikasikan pada seluruh permukaan kulit kepala dan diamkan selama beberapa jam. Terakhir, keramaslah seperti biasa untuk menghilangkan sisa masker bawang putih.

7.      Cuka apel

Cuka apel sering digunakan untuk berbagai membantu menjaga kesehatan, karena memiliki segudang manfaat. Seperti dapat meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan penurunan berat badan.

Cuka apel juga sering digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan ketombe. Keasaman cuka apel dipercaya, dapat membantu menstimulasi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Cuka apel juga disebutkan dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *