Berikut Beberapa Cara Merawat TWS Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak

oleh
Ilustrasi TWS (Foto: Istimewa)

Blogger Terbaik – Melakukan beberapa pekerjaan sambil mendengarkan musik lewat earphone bluetooth atau TWS merupakan sebuah kebiasaan yang lazim ditemui. Tidak hanya dilakukan saat sedang bekerja, orang-orang yang menunggu transportasi umum, menunggu antrean di suatu tempat, saat berolahraga, bahkan saat sedang makan, juga kerap menggunakan earphone untuk mendengarkan musik.

Earphone bluetooth atau TWS menjadi perangkat audio yang mendukung penggunaan smartphone, tablet, laptop, dan lainnya. Di mana bentuknya yang mungil dan ringkas menjadikannya aksesoris audio pilihan dari berbagai kalangan. Dibekali beragam keunggulan sehingga suara yang dihasilkan pun jernih dan menggelegar.

Pada umumnya, merawat TWS tidaklah begitu sulit. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat perangkat ini lebih awet. Tidak hanya cara merawatnya saja, namun cara mengoperasikan perangkat juga perlu diperhatikan agar TWS Anda tidak cepat rusak. Lantas bagaimana cara merawat TWS agar tetap awet dan tahan lama?

 Berikut Beberapa Tips Untuk Merawat TWS Agar Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak.

1. Rutin Bersihkan TWS

Sebagai barang yang mungkin digunakan hampir setiap hari, kebersihan TWS sangatlah penting. Pengguna dapat membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada TWS untuk mendapat kinerja yang optimal. Salah satu cara untuk membersihkan TWS yaitu dengan membersihkan kotoran dari audio atau port pengisian daya. Untuk kebersihan yang maksimal, pengguna dapat menggunakan cairan pembersih ampuh untuk laptop atau lensa kamera.

2. Perhatikan Tempat Penyimpanan

TWS atau earphone bluetooth juga dilengkapi dengan fitur kedap air, namun jangan sampai basah dan mengering dengan sendirinya. Hal ini dapat membuat interior menjadi lembap dan rentan terhadap kerusakan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, gunakan kain kering untuk mengeringkan bagian yang basah. Perlu diingat, jangan menyimpannya di tempat yang lembab dengan bagian yang masih basah. Tunggu beberapa saat hingga benar-benar kering dan simpan di tempat yang sejuk

3. Perhatikan Pengisian Daya

Salah satu kebiasaan yang dapat dibilang salah kaprah adalah membiarkan baterai pada TWS habis tidak tersisa sama sekali. Jika baterai TWS hampir habis, biasanya perangkat ini akan memberikan tanda berupa bunyi yang cukup mengganggu.

Jika telah mendengar bunyi tersebut, segera isi daya TWS dengan menggunakan charging case. Bagaimanapun juga, jika baterai TWS habis, proses pengisian daya dapat memakan waktu yang lebih lama dan meningkatkan risiko rusak akan semakin besar.

4. Hapus Koneksi Bluetooth yang Tidak Perlu dan Jauhkan dari Router Wifi

Untuk menjaga agar earphone bluetooth lebih awet,  diperlukan pememeriksaan ulang koneksi bluetooth pada perangkat. Bisa jadi earphone akan ‘kewalahan’ dengan jumlah jaringan yang tersedia untuk dihubungkan. Jika hal ini dibiarkan terjadi, maka dapat mengganggu sensitivitas koneksi.

Kemudian, untuk menjaga agar koneksi tetap berjalan dengan baik cobalah untuk menghindari router Wifi. Spektrum Wifi terkadang hampir sama dengan earphone, hal inilah yang membuat sinyal koneksi terganggu.

5. Hindari Penggunaan Saat Tidur

Sebaiknya hindari penggunaan earphone saat tidur untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan. Terutama tidur dengan posisi miring dengan telinga menghadap ke bawah. Pasalnya, selain dapat merusak pendengaran secara perlahan, hal ini juga dapat membuat perangkat tersebut cepat rusak.

Hal tersebut dikarenakan earphone yang terpasang di telinga akan tertekan oleh tubuh. Meski tidak secara langsung rusak, namun jika dilakukan secara terus menerus, secara perlahan akan merusak komponen yang ada. Termasuk kepekaan dalam menyalurkan audio.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *