Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Depan Motor Keras

oleh
Ilustrasi rem depan motor keras (Foto: istimewa)

Blogger Terbaik – Keberadaan pedal rem depan motor yang keras merupakan salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh para pengendara motor. Sistem rem merupakan sebuah komponen paling penting dalam keselamatan berkendara, terutama pada motor.

Rem depan yang dapat berfungsi dengan baik sangat vital untuk menghentikan kendaraan dengan cepat dan aman ketika dibutuhkan. Akan tetapi, terdapat beberapa waktu, pemilik motor akan menghadapi masalah rem depan yang keras, yang dapat menjadi ancaman serius bagi keselamatan.

Walau pengendara telah menekan rem dengan kuat, tidak jarang rem depan motor tetap tidak beroperasi sebagaimana mestinya. Kondisi semacam ini memiliki tingkat risiko yang tinggi dalam hal kecelakaan.Oleh sebab itu, penting untuk memahami apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi rem depan motor keras.

Penyebab dan cara mengatasi rem depan motor keras.

1. Cairan rem habis

Periksa cairan rem, jika cairan rem sudah berkurang lakukan pengisian ulang kembali dengan petunjuk pada buku panduan motor. Serta dipastikan tidak terjadi kebocoran pada sistem pengereman, agar pedal rem tidak terasa keras saat digenggam.

2. Periksa kabel rem

Lakukan pemeriksaan pada kabel rem, cek dengan teliti apakah kabel rem kendor atau aus. Jika terjadi kendor pada kabel rem, atur kabel rem sampai tidak kendor agar memberikan tekanan yang optimal pada kaliper rem.

3. Ganti komponen rem

Lakukan penggantian pada komponen rem jika sudah banyak berkarat atau habis. Agar rem cakram kembali berfungsi normal dan tidak keras saat digunakan.

4. Bersihkan komponen rem

Komponen rem ini sangat sering terjadi kotor dan berdebu. Maka lakukan pembersihan secara rutin menggunakan cairan pembersih, mulai dari kampas rem, kaliper, dan cakram, dan jangan lupa mengeringkan agar tidak menimbulkan jamur atau berkarat.

5. Bawa ke bengkel

Bila semua cara sudah dilakukan dan komponen telah diperbaiki, namun rem depan motor masih keras. Baiknya bawa kendaraan anda ke bengkel, agar diperbaiki kepada pakarnya langsung.

Sangat berbahaya jika memaksakan berkendara dengan rem cakram yang keras, akan menimbulkan resiko serius.

Semoga bermanfaat.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *