Doa Ketika Hati Sedang Dilanda Sedih

oleh
Ilustrasi seseorang berdoa di kala sedih (Foto: Istimewa)

Blogger Terbaik – Sedih memang reaksi alami manusia namun tidak dianjurkan untuk dilakukan secara terus menerus.Manusia diciptakan dengan ragam emosi seperti senang, sedih, marah ataupun kecewa. Perasaan ini wajar terjadi dan dialami oleh semua manusia.

Semasa hidup, Rasulullah SAW juga pernah merasakan sedih hingga meneteskan air mata kala sang putra, Ibrahim, meninggal dunia. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah seorang mukmin ditimpa sebuah kesusahan, sakit, kegundahan, kesedihan, kepedihan, dan kegalauan hingga duri yang menimpanya, kecuali Allah pasti akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahannya.” (HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

Hadits ini menegaskan bahwa di balik kesedihan akan ada nikmat yang diberikan Allah SWT bagi muslim yang bersabar dan ikhlas. Merasa sedih memang tidak dilarang namun jangan berlebihan.

Setiap orang memiliki masalah dalam hidupnya. Kadang, masalah yang datang seringkali membuat sedih dan bimbang sebagian orang. Tidak jarang seseorang sampai depresi hanya gara-gara masalah yang remeh.

Islam mengajarkan sikap optimistis. Saat memiliki masalah, Islam meminta agar umat Islam tetap tegar dan sabar dalam menghadapinya. Karena Allah memberikan cobaan pasti sesuai dengan batas kemampuannya.

Saat ditimpa masalah dan kesedihan, bimbang dan lain sebagainya Anda juga disarankan membaca doa. Berdoa kepada Allah agar segala masalah yang dihadapi dapat terselesaikan dengan baik. Berikut dua doa yang dapat diamalkan saat mengalami kesedihan dan rasa bimbang:

رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ ۙ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ ۖ

rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: ‘Ya Tuhanku, lapangkan lah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.

Doa Rasulullah SAW:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِيْ، وَنُوْرَ صَدْرِيْ، وَجَلاَءَ حُزْنِيْ، وَذَهَابَ هَمِّيْ.

Allaahumma innii ‘abduka, wabnu ‘abdika, wabnu amatika, naashiyatii biyadika, maadhin fiyya hukmuka, ‘adlun fiyya qodhoo-uka, as-aluka bikullismin huwalaka, sammayta bihi nafsaka, aw anzaltahu fii kitaabika, aw ‘allamtahu ahadan min kholqika, awis ta’ tsar ta bihi fii ‘ilmil ghoibi ‘indaka, an taj’alal qur-aana robbii’a qolbii, wa nuuro shodrii, wa jalaa-a huznii, wa dzahaaba hammii.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku benar-benar hamba-Mu, anak dari hamba-Mu, dan anak dari hamba perempuan-Mu. Ubun-ubunku ada di tangan-Mu, segala ketentuan-Mu telah berlaku bagiku, ketetapan-Mu adil atas diriku. Aku memohon dengan segala nama yang telah Engkau sebutkan untuk menyebut-Mu, atau yang telah Engkau turunkan dalam Kitab-Mu, atau yang telah Engkau ajarkan pada salah seorang dari makhluk-Mu, atau sengaja Engkau simpan di dalam ilmu di sisi-Mu. Agar Engkau jadikan al-Qur’an sebagai seminya hatiku, cahaya dadaku, penyirna kesedihanku dan penghilang kedukaanku.”

Doa dibawah ini juga dapat membantu untuk menenangkan hati dikala gundah ataupun bimbang.

Allahumma Inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya:

Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat.”

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *