6 Manfaat Mengonsumsi Alpukat Bagi Kesehatan Kulit

oleh
Ilustrasi alpukat (Foto: Istimewa)

Blogger Terbaik – Alpukat merupakan salah satu buah yang digemari masyarakat. Selain rasanya yang lezat, alpukat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit.

Ada banyak manfaat alpukat untuk wajah, karena buah ini banyak mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, lemak sehat, antioksidan, dan mineral penting yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk selenium dan zinc.

Buah bewarna hijau ini juga kerap dikonsumsi sebagai salad, tambahan topping, dan jus. Sementara untuk perawatan, umumnya dibuat menjadi masker alami agar kulit menjadi lebih sehat dan terawat.

Berikut enam manfaat alpukat bagi kesehatan kulit

1. Mencegah kulit kering

Alpukat merupakan sumber biotin yang bagus, dimana biotin ini termasuk bagian dari vitamin B kompleks. Biotin ini dikenal membantu mencegah kulit kering saat dioleskan. Ini juga dapat membantu mencegah rambut dan kuku rapuh.

2. Menenangkan Kulit

Kepala Ilmuwan di LaFlore Probiotic Skincare Maya Ivanjesku mengatakan lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu mempercepat perbaikan kulit dan memperbaiki kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat.

Selain itu, kata Ivanjesku, nutrisi yang sama ini dapat membantu memperbaiki kulit pecah-pecah dan meratakan warnanya.

3. Meningkatkan elastisitas kulit

Sebuah studi pada 2010 terhadap lebih dari 700 wanita, melihat hubungan antara kondisi kulit dan asupan lemak dan zat gizi mikro antioksidan.

Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti lemak yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

4. Mencegah kerusakan kulit

Salah satu riset menunjukkan, bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan, dan peradangan akibat sinar matahari. Kerusakan ultraviolet (UV) pada kulit Anda dapat menyebabkan keriput, dan tanda-tanda penuaan lainnya. Serta dapat menyebabkan kanker kulit.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa keduanya vitamin C dan vitamin E yang ditemukan dalam alpukat, berperan penting dalam membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh matahari dan faktor lingkungan lainnya

5. Meredakan kulit berjerawat

Jika kamu memiliki masalah kulit berjerawat, alpukat bisa menjadi solusi alami yang efektif. Minyak alpukat mengandung sifat antimikroba yang dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi kemerahan pada kulit berjerawat.

6. Mengurangi hiperpigmentasi kulit

Kandungan vitamin C dan vitamin E dalam alpukat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penggelapan kulit atau hiperpigmentasi kulit. Hal ini dikarenakan vitamin tersebut dapat membantu mengurangi peradangan di kulit dan menurunkan produksi melanin, yang memicu munculnya bercak hitam pada kulit.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *