Cara Mengatasi Laptop yang Hang dengan Aman

oleh
Ilustrasi laptop yang hang (Foto: Istimewa)

Blogger Terbaik – Laptop hang biasanya disebabkan karena aplikasi yang digunakan terlalu berat, kebanyakan file sampah, hingga terdapat masalah atau kerusakan pada software maupun hardware.

Mengatasi laptop yang hang atau nge freeze dapat dilakukan sendiri agar perangkat tersebut dapat dioperasikan kembali seperti semula. Bagi pengguna laptop, pengalaman laptop yang tiba-tiba mengalami “hang” atau “freeze” adalah hal yang cukup umum.

Meski menekan tombol power secara paksa mungkin tampak sebagai satu-satunya solusi, tetapi tindakan sembarangan ini dapat merusak sistem operasi dan menyebabkan kehilangan data. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini tanpa merusak perangkat, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Langkah 1: Menenangkan Laptop

Saat laptop mengalami hang, reaksi pertama yang mungkin adalah mencoba mengklik atau menekan tombol-tombol secara berlebihan. Hal tersebut tidak disarankan dilakukan. Sebaiknya cobalah untuk memberikan waktu beberapa detik untuk melihat apakah laptop akan pulih sendiri. Terkadang, laptop hanya butuh waktu sebentar untuk merespons kembali. Setelah itu, pastikan untuk menyimpan pekerjaan Anda, kemudian restart laptop untuk mengosongkan memori RAM.

Langkah 2: Tekan Ctrl+Shift+Esc

Jika menunggu ternyata tidak membantu, Anda perlu mencoba Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan. Gunanya, untuk memunculkan Task Manager.

Nantinya, Anda bisa mengetahui proses mana yang menghabiskan sumber daya CPU dan jumlah RAM tertinggi. Anda bisa memilih End Task Button untuk mematikan proses yang sedang berjalan sehingga sistem laptopmu dapat bekerja kembali.

Langkah 3: Teknik Tombol Power

Langkah berikutnya adalah mencoba tekan tombol daya pada laptop dan tahan selama 30 hitungan. Jika hal tersebut tidak mematikan laptop, coba lagi dengan menahan selama 60 hitungan. Setelah laptop mati, biarkan dingin sejenak dan kemudian nyalakan kembali seperti biasa.

Langkah 4: Cabut Kabel Daya

Sebagai langkah terakhir, cabut kabel daya dari laptop. Kemudian, miringkan laptop ke sisi dan tekan tombol pelepas baterai. Keluarkan baterai dari bawah laptop dan tunggu sebentar sampai laptop membuang memori sementara sepenuhnya. Kemudian masukkan kembali baterai laptop. Setelah itu, hidupkan laptop seperti biasa.

Langkah 5: Restart dengan Aman

Setelah Anda berhasil mematikan laptop yang hang, pastikan untuk menghidupkannya kembali dengan aman. Periksa apakah ada pembaruan sistem yang perlu diinstal atau program yang dapat menyebabkan masalah. Lakukan pemindaian antivirus juga untuk memastikan tidak ada malware yang merusak sistem Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas , Anda dapat mengatasi masalah laptop hang atau freeze tanpa merusak perangkat Anda. Ingat untuk selalu melakukan langkah-langkah ini dengan hati-hati. Dan jika cara-cara diatas tidak dapat memulihkan laptop Anda, sebaiknya segera mendatangi tempat servis laptop untuk penanganan lebih lanjut.

(Dari berbagai sumber/ Mifta Khurokhmah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *