Bisnis Kuliner Kaesang Pangarep yang Gulung Tikar

oleh
kaesang pangarep (sumber: istimewa)

Blogger Terbaik – Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, adalah seorang pengusaha sukses yang bisnisnya banyak berfokus di bidang kuliner. Salah satu yang paling terkenal adalah Sang Pisang, usaha makanan dari olahan pisang.

Selain itu, pria berusia 28 tahun ini juga punya gurita bisnis yang lain. Deretan bisnisnya semakin meluas setelah sang kakak yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, menyerahkan bisnis-bisnisnya ke Kaesang.

Berikut daftar bisnis Kaesang

1. Ternakkopi
Ternakopi adalah bisnis Kaesang yang dikembangkan bersama sang kakak sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, pada Mei 2019 lalu.

Sebelum pandemi Covid-19, Ternakopi memiliki sekitar 40 toko yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Namun, Kaesang mengaku bisnis ini telah tutup akibat tak banyak pelanggan.

“Kemarin sebenarnya sempat sebelum pandemi kita punya hampir 40 outlet, cuma setelah pandemi, ya, hilang semua. Kok, bisa? Enggak laku,” ungkap Kaesang, dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (29/8/2023).

2. Goola

Goola adalah bisnis yang menjual produk minuman tradisional khas Indonesia, seperti Es Doger yang dikemas lebih modern. Sebelumnya, bisnis ini adalah milik Gibran yang diserahkan ke Kaesang.

Namun, berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, bisnis ini terlihat sudah tidak berjalan. Sebab, unggahan terakhir Goola di Instagram (@goola_id) adalah 7 November 2020 lalu. Bahkan, tidak sedikit warganet yang mempertanyakan keberadaan bisnis ini.

3. Madhang
Pada 11 Desember 2017, Kaesang meluncurkan aplikasi Madhang untuk menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini pun diklaim berhasil membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial.

Namun, usaha yang bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro Semarang ini sudah tidak beroperasi. Dalam unggahan terakhir pada 22 Februari 2022 lalu, terlihat banyak pengguna yang mempertanyakan keberadaan aplikasi.

“Tolong dong dana di aplikasi saya tidak kembali. Aplikasi tidak bisa dibuka, DM di IG tidak pernah di balas, kontak CS di WA juga tidak aktif, website tidak ada. Gimana ini uang mangpi saya di aplikasi tidak balik. Tolong dong @madhang.id,” tulis salah satu pengguna Instagram, @ttresure_tangsel.


4. Siapmas
Kaesang juga membentuk merek Siap Mas. Usaha ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket. Ia bahkan sempat mempromosikan bersama sang kakak, Gibran.

Namun, bisnis ini terlihat sudah tidak aktif. Selain unggahan terakhir di media sosial pada 3 Oktober 2020 lalu, sejumlah produk dari Siapmas juga sudah tidak terlihat di minimarket terdekat.

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *