Keutamaan Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya

oleh
sedekah subuh (sumber: istimewa)

Blogger Terbaik – Dalam Islam, ada banyak sekali amalan-amalan yang bisa dilakukan untuk menambah pahala umat muslim, salah satunya adalah sedekah. Dalam sedekah itu sendiri, sangatlah beragam yang di mana salah satunya adalah sedekah subuh. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang sedekah subuh.

Sedekah adalah memberikan sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah. Pemberian sesuai dengan kemampuan pembeli. Sedekah sebenarnya tidak harus terpaku pada waktu tertentu maupun hari tertentu. Waktu-waktu yang dilakukan untuk bersedekah itu sama baiknya.

Umat Muslim dianjurkan untuk senantiasa berbagi dengan sesama. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Qur’an yaitu :

Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 245 yaitu sebagai berikut:

Man żallażī yuqriḍullāha qarḍan ḥasanan fa yuḍā’ifahụ lahū aḍ’āfang kaṡīrah, wallāhu yaqbiḍu wa yabṣuṭu wa ilaihi turja’ụn

Artinya: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”

Surah Al Baqarah Ayat 261 yaitu sebagai berikut:

Maṡalullażīna yunfiqụna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin anbatat sab’a sanābila fī kulli sumbulatin miatu ḥabbah, wallāhu yuḍā’ifu limay yasyā`, wallāhu wāsi’un ‘alīm

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui.”

Keutamaan sedekah subuh tertuang dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim yang artinya sebagai berikut:

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari hadis di atas dapat kita ketahui bahwa barangsiapa yang memberikan hartanya, didoakan oleh malaikat agar rezekinya terus mengalir. Karena itu, merutinkan sedekah saat subuh tidak bikin harta Anda berkurang, melainkan Allah SWT akan menggantinya dengan rezeki yang berlipat.

Bagi Anda yang biasa salat subuh di masjid, Anda bisa bersedekah dengan mengisi kotak amal di masjid tersebut selesai shalat. Dalam bersedekah tidak dituntut harus banyak, melainkan konsistensi dalam bersedekah yang dilakukan secara rutin.

Saat melakukan sedekah, sebaiknya niatkan dengan khusyuk untuk bersedekah, misalnya dengan niat seperti di bawah ini :

“Ya Allah.. dengan sedekah ini, aku ingin terbebas dari hutang dan dilancarkan rezeki ku.”

Sedekah yang dilakukan setiap subuh tidak harus berupa uang. Sedekah dalam bentuk lainnya bisa dilakukan, seperti zikir, berbagi makanan, mengajar mengaji atau berbuat kebaikan untuk orang lain. Hal yang perlu ditekankan dalam melakukan sedekah adalah bukan banyak atau sedikitnya sedekah yang kita berikan, namun sejauh mana kita memberikannya secara konsisten.

Rasulullah SAW juga berpesan membantu sesama bisa mempercepat terkabulnya doa. Sedekah subuh juga merupakan salah satu tindakan yang bisa bikin meringankan beban seseorang. Dalam sebuah hadits dikatakan, “Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad).

Umat muslim perlu menjalankan sedekah secara ikhlas dan tulus agar amalan sedekah subuh dapat diterima, jangan hanya semata-mata ingin mendapat imbalan berlipat dari Allah SWT. Sedekah subuh juga bisa membawa ketenangan hati bagi pelakunya, mereka juga akan dijauhkan dari siksaan api neraka.

Adapun berikut ini merupakan cara-cara untuk melakukan sedekah subuh yaitu:

  1. Mengisi kotak amal yang ada di masjid, persis setelah subuh berjamaah. Untuk lelaki bisa langsung memasukkan sendiri ke kotak amal yang ada di masjid, sementara untuk kaum perempuan bisa menitipkan sedekahnya pada suami atau anak lelakinya;
  2. Mentransfer uang melalui rekening tepat pada setelah sholat Subuh. Sasaran transfer ini bisa diberikan pada orang tua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, atau apa pun yang dapat bernilai sedekah;
  3. Memberikan makanan ke tetangga, pondok pesantren, yatim piatu atau tempat-tempat yang pastu makanan dimakan. Waktunya tepat setelah Subuh sebelum matahari terbit;
  4. Mengantarkan sumbangan berupa bantuan kepada yang membutuhkan persis waktunya setelah Subuh.

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *