Bacaan Niat dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh Bulan Safar 2023

oleh
puasa ayyamul bidh (sumber: istimewa)

Blogger Terbaik – Apa keutamaan puasa Ayyamul Bidh? Umat Islam dianjurkan melaksanakan puasa sunah yang satu ini.

Umat Islam dapat mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah melaksanakan puasa Ayyamul Bidh bulan Safar.

Puasa sunah yang satu ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya. Puasa ini dilaksanakan sesuai dengan kalender Hijriah.

Puasa Ayyamul Bidh dikerjakan pada pertengahan bulan Hijriyah. Hal ini berdasarkan keterangan yang diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan RA.

Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud).

Keutamaan Puasa

Setiap ibadah yang dikerjakan ada keutamannya. Keutamaan puasa Ayyamul Bidh adalah seperti puasa sepanjang tahun. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. Wallahu’alam.

Umat Islam dapat mengupayakannya untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Selain itu, puasa juga memberikan manfaat bagi muslim.

Rutin melaksanakan puasa termasuk Ayyamul Bidh juga menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ketika berpuasa, umat Islam harus menahan hawa nafsu, menjaga diri, dan menjauhi larangan-larangan Allah SWT.

Pada waktu-waktu tersebut dapat dimanfaatkan untuk berzikir, berdoa, serta melakukan amalan lainnya.

Jadwal Pelaksanaan Puasa

Pada bulan Safar ini, puasa sunah yang satu ini dilaksanakan pada akhir Agustus dan awal September. Awal bulan Safar jatuh pada hari Jumat, 18 Agustus 2023.

Umat Islam dapat melaksanakan puasa sunah setiap bulannya. Jangan sampai melewatkan puasa tiga hari di bulan Safar yang berlangsung pada akhir Agustus dan awal September 2023.

Ini jadwal atau tanggal pelaksanaan puasa di bulan Safar berdasarkan kalender yang diterbitkan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia:

– 13 Safar jatuh pada Rabu, 30 Agustus 2023

– 14 Safar jatuh pada Kamis, 31 Agustus 2023

– 15 Safar jatu pada Jumat, 1 Agustus 2023

Sebelum melaksanakan puasa tersebut, berikut ini bacaan niat yang perlu dibaca agar ibadah sah.

Niat Puasa

Bacaan niat puasa Ayyamul Bidh.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.  

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *