Inflasi AS Naik: Naik Tipis Tapi Masih di Bawah Perkiraan

oleh
ilustrasi inflasi (sumber: Istimewa)

Blogger Terbaik – Inflasi di Amerika Serikat naik sedikit pada bulan Juli setelah 12 bulan berturut-turut menurun. Tetapi tidak termasuk biaya makanan dan energi yang mudah menguap, apa yang disebut inflasi inti sesuai dengan kenaikan bulanan terkecil dalam hampir dua tahun, sebuah tanda bahwa kenaikan suku bunga Federal Reserve terus memperlambat kenaikan harga.

Apa yang mendorong lonjakan inflasi setelah harga-harga begitu stabil dalam 30 tahun terakhir?

Inflasi bisa menjadi situasi yang paradoks – di satu sisi dia mudah dipahami dan di sisi lain sering terlihat sangat rumit.

Angka inflasi yang dilaporkan pemerintah Kamis menunjukkan bahwa harga konsumen secara keseluruhan meningkat 3,2% dari tahun sebelumnya, sedikit di bawah perkiraan 3,3% dan naik dari kenaikan tahunan 3% di bulan Juni, yang merupakan tingkat terendah dalam lebih dari dua tahun. Angka terbaru tetap jauh di bawah puncak tahun lalu sebesar 9,1%, meski masih di atas target inflasi Federal Reserve sebesar 2%.

Bagaimanapun The Fed, ekonom dan investor, memberikan perhatian khusus pada angka inflasi inti untuk tanda-tanda ke mana arah tekanan inflasi. Dari Juni hingga Juli, inflasi inti tetap jinak di 0,2%.

Data yang dirilis Biro Statistik Tenaga Kerja pada Kamis (10/8/2023) akan sangat penting dalam menentukan kebijakan The Fed dalam beberapa minggu mendatang.

Laporan IHK terbaru juga menjadi salah satu dari sejumlah rilis data utama yang akan dibahas pejabat The Fed pada September 2023.

Investor sendiri juga tidak mengharapkan bank sentral untuk terus menaikkan suku bunga, setelah suku bunga acuan pada Juli 2023 mencapai level tertinggi dalam 22 tahun terakhir.

Jika ini terus berlanjut, maka kemungkinan The Fed tetap membiarkan suku bunga tidak berubah pada bulan depan.

Lebih dari 90 persen kenaikan keseluruhan data IHK disebabkan oleh biaya perumahan yang telah dimoderasi sejak awal tahun. Asuransi mobil juga berkontribusi pada kenaikan tersebut.

(Alifah Dhuha/ Dari Berbagai Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *