Film Indonesia Dikirim Untuk Berkompetisi Lagi di Oscar 2024

oleh
oscar (istimewa)

Blogger Terbaik – Panitia Seleksi Oscar Dewan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) kembali akan mengirimkan film-film Indonesia untuk bersaing di Oscar 2024.

Presiden PPFI Deddy Mizwar berharap dengan keikutsertaan Indonesia, perfilman Indonesia bisa mulai mendapat pengakuan dunia.

“Misi kami bukan hanya memenangkan Oscar, tapi juga menempatkan film Indonesia di peta perfilman dunia,” kata Deddy Mizwar di Jakarta, dilansir Antara, Senin (31/7).

Panitia seleksi Oscar Indonesia terdiri dari 9 orang yang bekerja di industri perfilman. Mereka dipilih berdasarkan kemampuan masing-masing. Kesembilan anggota tersebut adalah Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo, Garin Nugroho, Sha Ine Febriyanti, Ilham Bintang, Alim Studio, Cesa David Luckmansyah, Ratna Riantiarno dan Nur Hidayat.

Tim juri akan bertanggung jawab untuk memilih dan menentukan film Indonesia yang akan dinominasikan untuk mewakili Indonesia di Oscar 20204 dalam kategori Best International Feature Film.

Zairin Zain selaku Sekretaris Jenderal PPFI sekaligus Ketua Panitia Seleksi Academy Awards menjelaskan bahwa film-film yang berhak diseleksi adalah film-film yang ditayangkan antara tanggal 1 Desember 2022 sampai dengan 31 Oktober 2023, film-film tersebut harus lolos Lembaga Sensor Film (LSF). sensor.

“Syarat lainnya, film tersebut ditayangkan di bioskop komersial minimal tujuh hari berturut-turut,” jelas Zairin Zain.

Namun, belum diketahui film Indonesia mana yang akan masuk nominasi Panitia Seleksi Oscar Indonesia.

Sebelumnya, panitia seleksi Oscar Indonesia juga telah melakukan seleksi terhadap film-film Indonesia yang masuk Oscar 2023. Tahun lalu, film yang masuk nominasi adalah Horrific-Ngeri Sedap yang disutradarai oleh Bene Dion.

Panel seleksi Oscar 2022 Indonesia telah menyatakan Ngeri-Ngeri Sedap sebagai film Indonesia kedua yang memenangkan Oscar dalam genre komedi setelah Nagabonar (1986).

Sayangnya, Ngeri-Ngeri Sedap yang mewakili Indonesia tidak masuk nominasi Oscar 2023 untuk Film Fitur Internasional Terbaik. Saat itu, 15 dari 92 negara berhak memilih dan berhak bersaing memperebutkan nominasi Oscar 2023.(Dari berbagai sumber/Annisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *