Kenapa Rambut Alis Dicabut Tidak Tumbuh Lagi?

oleh
alis (istimewa)

Blogger Terbaik – Bagi sebagian wanita, membersihkan bentuk alis merupakan hal yang wajar untuk menunjang penampilan. Ada orang yang mencari bantuan profesional untuk menghilangkan setiap bulu alis sendiri.

Meskipun kadang-kadang tumbuh kembali setelah dicabut, tidak jarang beberapa orang menemukan bahwa alis mereka gagal tumbuh kembali. Apa yang menyebabkan ini?

Penyingkapan! Hair removal untuk kecantikan sudah ada sejak zaman Romawi

Sebelum mengetahui penyebabnya, kita perlu mengetahui apa saja tahapan pertumbuhan alis. Pada dasarnya Ali memiliki tiga tahap pertumbuhan yaitu anagen, catagen dan telogen.
fase anagen

Dimulai dengan Live Science, anagen adalah fase pertumbuhan aktif dimana sel membelah dan bertambah jumlahnya. Pada fase anagen, folikel rambut berbentuk bawang, setelah itu rambut mulai tumbuh darinya.

Fase pertumbuhan alis lebih pendek dari garis rambut, sekitar 2-3 bulan. Sedangkan rambut memiliki panjang sekitar dua hingga delapan tahun. Ini membuat alis lebih pendek dari rambut di kepala.
fase katagen

Selama fase ini, pertumbuhan rambut melambat karena pembelahan dan proliferasi sel. Ini kemudian menyebabkan kematian sel pada folikel rambut dan struktur seperti bawang menyusut. Fase ini berlangsung dari 2 hingga 3 minggu.
panggung telepon

Tahap terakhir adalah telogen, yang berarti rambut berhenti tumbuh dan folikel “beristirahat”. Fase ini biasanya berlangsung lebih lama untuk alis dibandingkan rambut, sekitar 4 bulan atau lebih.

“Pada akhir fase telogen, rambut bisa rontok secara alami dan rambut baru memulai siklus dari folikel rambut yang sama, memasuki fase anagen,” kata Dr. Yoram Harth, direktur medis rambut MD, sebuah perusahaan perawatan rambut rontok dan mantan peneliti di Universitas Columbia, mengutip Live Science.
Pertumbuhan yang dipengaruhi sel punca

Siklus pertumbuhan alis yang berkelanjutan disebabkan oleh fakta bahwa folikel rambut kaya akan sel punca. Sel induk dapat membuat mereka tumbuh kembali dan memperbarui diri. Faktor lain yang mempengaruhi apakah alis akan tumbuh kembali atau tidak adalah penuaan, perubahan hormonal, dan kerusakan tubuh. Beberapa hal tersebut terkadang dapat menyebabkan rambut rontok.
Baca selengkapnya:

Tanpa asal sumsum plasenta, Unej mengembangkan sel punca dari sel di rongga mulut

“Ketika folikel rambut rusak, mereka tidak bisa membuat rambut baru. Jenis dan tingkat kerusakannya bisa menentukan apakah kondisinya sementara atau permanen,” kata Harth.(Dari berbagai sumber/Annisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *