5 Kota Terbaik di Indonesia Untuk Masa Pensiun

oleh
pensiun (istimewa)

Blogger Terbaik – Anda bisa mulai mempersiapkan masa pensiun dengan memulai pekerjaan agar saat pensiun, Anda memiliki tabungan yang cukup untuk pindah ke tempat yang lebih nyaman. Saat orang pensiun setelah bekerja di tempat yang sibuk seperti Jakarta, biasanya mereka ingin tinggal di tempat yang lebih tenang dan nyaman.

Namun, pindah ke kota untuk pensiun juga harus mencakup mencari tempat yang tenang, infrastruktur yang baik, lokasi strategis di daerah yang sesuai dengan kebutuhan, seperti: pusat perbelanjaan, dan biaya perumahan yang diperhitungkan.

Mengutip berbagai sumber, berikut lima kota ternyaman untuk ditinggali pensiunan Indonesia:

1.Solo

Kota pertama yang sangat bagus untuk para pensiunan adalah Surakarta atau Solo. Kota ini dikenal dengan “slow life” atau lambat. Masyarakat Solo juga dikenal ramah, udaranya sejuk dan biaya hidup yang cukup murah. Solo juga memiliki transportasi umum, layanan kesehatan, dan pusat perbelanjaan yang luas.

2. Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya penuh dengan tempat wisata tetapi juga tempat tinggal yang menyenangkan bagi para pensiunan.

Kota dengan julukan kulinernya sendiri Gudeg ini punya banyak restoran enak dan harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Yogyakarta juga dikenal dengan biaya hidup yang murah dan masyarakatnya yang ramah.

3. Malang

Kota kecil di Jawa Timur ini juga merupakan tempat yang tepat bagi para pensiunan. Hal ini disebabkan infrastruktur yang cukup luas.

Berkat udara yang sejuk dan suasana alam yang asri, kota ini menjadi tempat yang sangat menyenangkan untuk ditinggali. Belum lagi kota ini dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Batu dan Gunung Bromo.

4. Purwokerto

Kota kecil di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah ini juga sering menjadi tempat tinggal para pensiunan. Kota yang tidak pernah ramai dan sibuk ini juga merupakan kota pelajar sehingga biaya hidup relatif murah.

Purwokerto juga aman dan tenang dengan banyak tempat makan dan hiburan yang enak.

5. Nagari Pariangan

Bukan hanya di Pulau Jawa, tapi salah satu desa yang tercatat sebagai desa terindah di dunia. Nagari Pariangan berjarak 35 km dari Bukittinggi dan 95 km dari Padang.

Nagari Pariangan terkenal dengan keindahan sawah dan teraseringnya yang memanjakan mata. Udaranya yang segar juga membuat desa ini menjadi tempat tinggal yang menyenangkan bagi para lansia.

Manakah dari lima kota di atas yang akan Anda pilih saat pensiun nanti? Apakah ada satu di kota tempat Anda tinggal?(Dari berbagai sumber/Annisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *