Daftar Kota Paling Layak Huni di Dunia Tahun 2023

oleh
kota layak huni (istimewa)

Blogger Terbaik – Tinggal di kota besar memiliki banyak tantangan mulai dari persaingan untuk mendapatkan pekerjaan, tempat tinggal, biaya hidup, pelayanan dan lainnya. Namun, di antara semua kota besar di dunia, ada beberapa kota yang dianggap terbaik.

Economist Intelligence Unit (EIU) telah memeringkat kota-kota di seluruh dunia berdasarkan kualitas hidup mereka.

Kualitas hidup kota dievaluasi berdasarkan kategori stabilitas, kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan dan infrastruktur. Pada tahun 2023, 173 kota masuk dalam daftar. Tahun ini, EIU juga mengkaji kondisi pemulihan dari pandemi Covid-19 dengan mempertimbangkan perbaikan situasi pandemi. Secara umum, kondisi setiap kota di dunia telah membaik.

Rata-rata tahun ini adalah yang tertinggi dalam 15 tahun, menunjukkan kemajuan dan pemulihan global. Berikut sepuluh kota paling layak huni dalam laporan Global Liveability Index EIU 2023:

10.Auckland, Selandia Baru dan Osaka, Jepang Auckland dan Osaka terhubung.

Auckland telah mengalami pertumbuhan besar sejak tahun lalu, naik 25 peringkat. Osaka telah menunjukkan pemulihan yang baik dari pandemi dengan bekerja sama mempromosikan multikulturalisme di kota berpenduduk padat ini.

9. Toronto, Kanada

Toronto menunjukkan konsistensi sebagai kota yang layak huni. Tahun lalu Toronto juga masuk 10 besar, tepatnya nomor 8.

8. Jenewa, Swiss T

ahun ini, kota-kota di Eropa mengalami penurunan rating secara umum. Namun, Jenewa tetap berada di puncak, hanya kalah satu tempat dibandingkan tahun lalu. Pendidikan mendukung kesuksesan yang baik tahun ini.

7. Calgary, Kanada

Calgary unggul dalam stabilitas, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Namun penurunan nilai budaya dan lingkungan menyebabkan Calgary turun dari posisi ketiga pada 2022.

6. Zurich, Swiss

Kota terbesar di Swiss juga mengalami penurunan. Dari tempat yang sama dengan Calgary di tahun 2022 menjadi nomor 6. Zurich bukan hanya salah satu kota paling layak huni, tapi juga salah satu kota dengan biaya hidup tertinggi.

5. Vancouver, Kanada

Vancouver mempertahankan posisi yang sama seperti tahun lalu dengan hasil yang sangat baik di bidang kesehatan dan pendidikan. Vancouver menawarkan kehidupan perkotaan yang canggih dengan tetap memiliki unsur alam yang indah.

4. Sydney, Australia

Sydney unggul dalam bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Posisinya yang tinggi juga dipengaruhi oleh menurunnya aktivitas beberapa kota di Eropa.

3. Melbourne, Australia

Kota layak huni lainnya di Australia adalah Melbourne setelah stres akibat pandemi. Melbourne mendapatkan 100 poin untuk layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastrukturnya.

2. Kopenhagen, Denmark

Dengan layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastrukturnya yang sangat baik, Kopenhagen menempati urutan teratas. Selain itu, Denmark adalah salah satu negara paling bahagia.

1. Wina, Austria

Wina telah terpilih sebagai kota paling layak huni di EIU dua tahun berturut-turut dan empat kali dalam lima tahun. Perpaduan stabilitas, infrastruktur yang baik, pendidikan berkualitas tinggi, layanan kesehatan, dan budaya memberi Wina peringkat tertinggi sebagai kota paling layak huni di dunia pada tahun 2023.(Dari berbagai sumber/Annisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *