Dalam Berapa Hari Rambut Kita Tumbuh?

oleh
rambut (istimewa)

Blogger Terbaik – Apakah orang gemuk tahu berapa lama rambut tumbuh di kepala Anda? Jelas beberapa faktor mempengaruhi hal ini.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi rambut, mulai dari usia, ras, pola makan bahkan hormon. Menurut para ilmuwan, jika tubuh Anda sehat pada usia tertentu dan tidak mengalami stres, maka ada norma pertumbuhan rambut. Namun juga dipengaruhi oleh ras. Seberapa cepat rambut kita tumbuh?

Rambut sehat biasanya tumbuh 0,35 mm per hari, atau 0,014 inci. Oleh karena itu, rambut sehat dapat tumbuh 2,45 mm atau 0,1 inci per minggu dan 12,775 cm atau 5 inci per tahun.

Perlu dicatat bahwa angka di atas mungkin tidak sama untuk setiap orang. Menurut berbagai penelitian yang dikutip BBC Science Focus, etnisitas dan asal geografis juga bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut. Usia merupakan faktor penting dalam pertumbuhan rambut. Rambut manusia tumbuh lebih lambat dan menipis seiring bertambahnya usia. Selain itu, beberapa folikel rambut mati, mengakibatkan kebotakan.

Hormon juga memengaruhi pertumbuhan rambut. Selama kehamilan, rambut seseorang bisa tumbuh lebih panjang dan lebih tebal karena peningkatan kadar estrogen. Rambut juga bisa tumbuh kembali setelah kemoterapi, namun dengan cara yang berbeda.

Ingatlah bahwa stres dan kesehatan dapat memperlambat pertumbuhan rambut. Menurut majalah StatPearls, keterlambatan pertumbuhan rambut termasuk kerontokan rambut akut akibat infeksi parah, operasi besar, perubahan hormon pascapersalinan, penurunan kadar estrogen, hipotiroidisme, diet ketat, asupan protein rendah, kekurangan zat besi, dll.
tahapan pertumbuhan rambut

Setiap folikel rambut tumbuh dalam tiga fase yaitu anagen, catagen dan telogen.

Anagen adalah fase pertumbuhan rambut tercepat dan biasanya berlangsung hingga empat tahun di setiap folikel. Catagen adalah fase ketika rambut berhenti tumbuh.
Telogen adalah fase ketika rambut berhenti tumbuh untuk membiarkan rambut baru masuk.

Pada kulit kepala normal orang sehat, sekitar 85 persen rambut adalah rambut anagen dan 15 persen rambut telogen. Menurut para peneliti di Sampson Regional Medical Center di Amerika Serikat, folikel rambut tumbuh secara normal selama hampir empat tahun selama fase anagen. Kemudian akhirnya sekitar empat bulan. Untaian rambut anagen mulai tumbuh di bawah rambut telogen yang tidak aktif, menggusurnya. Saat ini kita kehilangan rambut kita.

Saat tubuh stres, 70 persen rambut anagen memasuki fase telogen, yang mengakibatkan kerontokan rambut. Perubahan hormon juga dapat menyebabkan peningkatan rambut katagen atau telogen.

Menurut sebuah artikel di British Journal of Dermatology, waktu dalam setahun juga menentukan kecepatan pertumbuhan rambut. Studi tersebut menemukan bahwa kerontokan rambut mencapai puncaknya sekitar bulan Agustus dan September, ketika folikel dalam fase anagen lebih sedikit.(Dari berbagai sumber/Annisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *