Publik Lebih Percaya TNI Daripada Jokowi, Simak Berdasarkan Survei LSI

oleh
Jokowi (Istimewa)

Blogger Terbaik – Menurut jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada Juli 2023, rakyat Indonesia lebih mempercayai TNI daripada Presiden Joko Widodo.

Kepercayaan publik terhadap TNI mencapai 88 persen. Sementara itu, kepercayaan publik terhadap lembaga kepresidenan sebesar 83 persen.

Namun, kepercayaan terhadap dua lembaga ini menurun sejak April. Kepercayaan kepada TNI turun 2 persen, sedangkan kepercayaan kepada Presiden turun 1 persen. LSI juga menyebut kepercayaan publik terhadap Polri sebesar 69 persen, naik 1 persen dari April. Di saat yang sama, kepercayaan kepada KPK tetap sebesar 64 persen.

Kepercayaan publik terhadap jaksa naik menjadi 64 persen bulan ini dari 63 persen di bulan April.

Tingkat kepercayaan di DPR 55 persen, naik 3 persen dari April. Tingkat kepercayaan terendah terhadap partai politik adalah 51 persen. Namun, menurut LSI, kepercayaan kepada parpol meningkat dari 50 persen pada April.

“Kepercayaan kepada DPR, Polri, dan parpol sedikit meningkat dibanding temuan sebelumnya,” kata LSI dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/11).

LSI menyusun penelitian ini dengan margin of error ± 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei yang berlangsung dari 1 hingga 8 Juli 2023 itu diikuti 1.242 responden. Responden dipilih dengan membuat, memvalidasi, dan memverifikasi nomor telepon secara acak. Survei Indikator Politik Indonesia Juni 2023 menemukan hal yang sama. Dengan 95,8 persen, TNI merupakan lembaga negara dengan tingkat kepercayaan tertinggi.

“Di urutan kedua adalah institusi presiden dengan 92,8 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers, Minggu (7/2).(Dari berbagai sumber/Annisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *