6 Makanan Khas Jakarta yang Paling Enak Disantap

oleh
Masakan Khas Jakarta (Istimewa)

Blogger Terbaik-Jakarta memiliki banyak kuliner yang dikenal dan disukai banyak orang. Rasanya yang berkisar dari manis hingga asam hingga asin mampu menggelitik lidah setiap pembuat selera.

Makanan kuliner di Jakarta atau Betawi dikelompokkan ke dalam jenis makanan, mulai dari main course, snack hingga minuman.

Misalnya makanan pokok seperti nasi kabut Betawi. Sedangkan minuman khas Jakarta yang terkenal adalah bir pletok.

Menurut berbagai sumber, berikut daftar kuliner khas Jakarta yang bisa kamu coba. Cocok juga untuk dicoba saat perayaan HUT Kota Jakarta ke-496.

1. Cangkang telur

Siapa yang tidak tahu masakan khas Jakarta yang satu ini? Kerak Telor merupakan makanan yang selalu hadir di setiap momen hari ulang tahun Jakarta.

Cangkang telur sudah ada sejak tahun 1970-an. Namun hingga saat ini, cangkang telur tetap menjadi ikon kuliner Jakarta yang tak tersentuh oleh waktu.

Cangkang telur terbentuk secara acak. Dari sekian banyak pohon kelapa Jakarta saat masih Batavia, sekelompok warga Betawi mencoba memanfaatkan kelapa untuk olahan makanan. Kerak telor disebut juga Sebutan Omelet Khas Betawi.

2. Soto Betawi

Soto Betawi, sup daging sapi tradisional Betawi yang populer di Jakarta. Panci rebus sudah ada di atas meja dalam mangkuk bambu dengan ubin keramik yang dilapisi di bawahnya. Sendok dan garpu kayu diletakkan di atas piring. Supnya dikelilingi oleh rempah-rempah.

Dikutip dari laman Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Soto Betawi pertama kali dipopulerkan oleh Li Boen Po yang menjual sajian kuliner ini sejak 1971.

Dialah yang pertama kali mencetuskan kata Soto Betawi.Pemilik toko, disewa karena persaingan bisnis, mengundang penjual soto lain ke tokonya. Mereka berdagang dengan tujuan bersaing dengan perdagangan perang.

Sejak saat itu (sekitar tahun 1978), Li Boen Po berpikir untuk menamai sotonya agar memiliki identitas yang khas.

Li Boen Po kemudian mengumpulkan nama-nama Soto, mulai dari Soto Kudu, Soto Madura dan seterusnya, namun belum ada Soto Jakarta, sehingga akhirnya Li Boen Po menyebut Soto yang dibuatnya Soto Betawi. Sejak tahun 1978, kata Soto Betawi pertama kali muncul di kuliner khas Jakarta.

3. Dodol Betawi

Dodol Betawi Plus Pot Untuk Membuat Dodol Dodol Betawi merupakan salah satu kuliner khas Jakarta yang rasanya manis dan nikmat saat dicoba.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki kuliner khas berupa dodol, salah satunya adalah Jakarta. Dodol Betawi ini dibuat dengan campuran yang berbeda seperti beras ketan hitam, beras ketan putih, gula aren dan terkadang buah durian untuk memberikan rasa manis dan aromatik pada gigitan ini.
Selain rasanya yang unik, dodol bisa bertahan lama meski tidak menggunakan bahan pengawet.

4. Sayuran campur

dengan bumbu kacang Gado-gado adalah hidangan campuran yang terdiri dari sayuran yang dimasak dicampur dengan irisan mentimun dan tahu goreng yang diiris tipis, tempe, dipotong dadu kecil, dan atasnya dengan labu, baby buncis, kangkung dan buncis.

Selain itu, makanan yang disukai semua kalangan ini dicampur dengan bumbu atau bumbu kacang yang ditumbuk halus dengan campuran cabai rawit dan bahan lainnya.

Gado-gado Betawi adalah salah satu masakan yang disukai banyak orang. Gado-gado enak dimakan dengan nasi panas atau lontonga. Di Jakarta, menu gado-gado sangat mudah ditemukan kecuali di restoran atau rumah makan.

5. Bir pletok

Aneka makanan khas Betawi dijual di TPS 027, Kebagusan, Jakarta Selatan. Aneka makanan seperti cangkang telur, dodol Betawi dan bir peyek al pletok terwakili penuh dalam kegiatan pasar tersebut. Sekelompok ibu-ibu yang tergabung dalam Kebagusa Loomemaja sengaja menyajikan hidangan ini.

Bir pletok merupakan sajian masakan khas Jakarta yang dibuat dengan berbagai bumbu seperti jahe, serai, kunyit dan lain-lain.

Bir pletok juga merupakan kuliner khas Jakarta yang populer di kalangan masyarakat. Minuman khas Jakarta ini dibuat dengan berbagai bumbu seperti jahe, serai, kunyit, kayu sekanga, kayu manis, lada hitam, daun pandan, daun jeruk, pala, kapulaga dan lain-lain.

6. Asinan Betawi

Jika ingin mencoba beberapa kuliner khas Jakarta sebagai cemilan, cobalah asinan betawi. Perpaduan acar khas betawi yaitu sayur mayur dicelup bumbu kacang dan kerupuk renyah yang rasanya nikmat dan menyegarkan. (Dari berbagai sumber/Annisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *