Tips Untuk Anda Ketika Kehilangan Kunci Mobil

oleh
mencegah kunci mobil hilang (istimewa)

Blogger Terbaik – Kehilangan kunci mobil merupakan hal yang tidak diinginkan oleh setiap pengendara. Kondisi ini tentu tidak menyenangkan dan bagi sebagian orang akan panik ketika mengetahui kunci mobilnya hilang.

Kehilangan kunci mobil bisa menjadi masalah besar dan menimbulkan kepanikan. Apalagi jika kehilangan itu terjadi ketika Anda di luar rumah. Berikut tindakan yang harus dilakukan ketika kehilangan kunci mobil.

Gunakan kunci serep mobil

Ini merupakan cara termudah yang bisa Anda tempuh apabila kehilangan kunci mobil. Biasanya pabrikan akan memberikan dua kunci, yakni kunci utama dan kunci serep saat Anda pertama kali membeli mobil.
Manfaatkan garansi

Apabila mobil masih tergolong baru dan masuk dalam masa garansi, Anda bisa menggunakan cara ini. Anda dapat melakukan klaim kunci mobil hilang ke dealer dan mendapat kunci mobil baru tanpa dikenai biaya.


Minta bantuan ahli kunci dari dealer resmi

Mengutip berbagai sumber, apabila kunci utama hilang, dan tidak memiliki cadangan Anda dapat mencari alternatif lain seperti menggunakan layanan ahli kunci dari dealer mobil resmi.

Ahli kunci merupakan spesialis perbaikan, duplikat, hingga membongkar aneka macam kunci. Mereka dapat membongkar atau menyalakan mobil dengan menggunakan alat khusus.

Biasanya tukang kunci rekanan dealer atau teknisi langsung dari dealer akan memberikan kunci baru dengan penggantian biaya service apabila mobil Anda tidak lagi dalam masa garansi.

Apabila mobil sudah terdaftar pada asuransi kendaraan, Anda hanya perlu melakukan klaim asuransi mobil dan pihak asuransi yang akan mengurus kehilangan kunci mobil beserta biaya ke bengkel.
Hubungi bengkel mobil terdekat

Cara lain ketika kehilangan kunci mobil adalah menghubungi bengkel terdekat untuk memperbaiki masalah ini. Bengkel biasanya dapat menggantikan dengan kunci yang sama persis atau mencoba mengganti dudukan kunci mobil.


Cara Mencegah Kunci Mobil Hilang

Setelah masalah itu selesai, tentu Anda harus lebih berhati-hati agar tidak kejadian kehilangan kunci mobil terulang kembali.

Kehilangan kunci mobil tak boleh dijadikan masalah yang bisa dimaklumi, karena akan menguras waktu, tenaga, hingga uang. Oleh karena itu, berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kunci mobil hilang.

Selalu taruh kunci mobil di tempat yang sama


Salah satu penyebab kunci mobil hilang karena menyimpannya di tempat berbeda-beda. Belum lagi kalau mobil dipakai bergilir oleh seluruh anggota keluarga, maka jangan heran kalau tempat penyimpanan kunci mobil bisa berbeda-beda tergantung orang yang memakainya.

Penyimpanan seperti ini hanya akan membuat Anda kehilangan kunci mobil. Oleh karena itu, Anda harus mulai menentukan satu tempat penyimpanan kunci mobil.

Hal ini akan membantu Anda membangun kebiasaan baik untuk hanya menaruh kunci pada satu tempat. Dengan demikian, risiko kunci mobil hilang akan berkurang.
Pisahkan kunci utama dari kunci serep

Biasanya pabrikan mobil memberikan dua buah kunci bagi pembeli, satu sebagai kunci utama dan yang lain sebagai kunci serep atau cadangan. Ketika bepergian, pastikan Anda hanya menggunakan kunci utama dan menyimpan kunci cadangan di tempat yang aman.

Memisahkan kunci cadangan sangat penting, sehingga ketika kunci utama rusak atau hilang, Anda masih bisa mengakses mobil dengan kunci cadangan.

Buat reminder atau catatan untuk mengingatkan

Membuat catatan di kertas atau reminder dalam smartphone bisa jadi salah satu cara efektif untuk mencegah kehilangan kunci mobil. Setiap kali Anda sudah menaruh kunci mobil di suatu tempat, buka catatan atau smartphone dan mulai mencatat.
Periksa kembali tempat menyimpan kunci mobil

Hal paling sederhana yang bisa dilakukan sebenarnya adalah dengan memeriksa tempat penyimpanan kunci mobil berulang kali. Contohnya, ketika Anda sudah sampai tempat tujuan dan ingin keluar dari mobil.

Sebelum Anda pergi dari tempat parkir, pastikan kunci mobil sudah dipegang di tangan atau dimasukkan ke dalam tas. Periksa tempat penyimpanan tersebut berulang kali sampai Anda benar-benar sadar bahwa kunci mobil sudah disimpan dengan aman.

Hal ini juga perlu dilakukan saat Anda berada di rumah atau tempat lainnya. Buatlah tindakan ini sebagai kebiasaan sehingga Anda tidak lupa tempat penyimpanan kunci mobil tersebut, mengutip Auto2000.(Dari berbagai sumber/ Annisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *