Ini 10 Daftar Negara Dengan Kualitas Udara Terburuk

oleh
New York City (istimewa)

Blogger Terbaik – Kualitas udara di seluruh dunia terus memburuk dalam beberapa tahun terakhir. Menurut IQAir, kota Jakarta termasuk dalam sepuluh wilayah dengan kualitas udara terburuk.

Namun, kualitas udara terburuk di dunia bukan di Jakarta, melainkan di New York, AS. Hal itu merujuk pada laporan di situs IQAir hari ini (7/6/2023) pukul 13.14 WIB.

Asap dari kebakaran hutan di Quebec, Kanada membuat polusi udara New York menjadi salah satu yang terburuk di dunia. New York menempati urutan teratas dalam daftar IQAir.

Risiko penurunan kualitas udara lebih lanjut memprihatinkan. Sebab menurut IQAir, indeks kualitas udara New York pada Rabu (6/7) adalah 179. Angka itu masuk dalam kategori “sakit” atau “sakit”.

Menurut wartawan, asap api mengandung partikel yang sangat kecil, atau partikel PM2.5. Ini adalah polutan terkecil, tetapi juga yang paling berbahaya. Jika terhirup, kotoran terkecil dapat menembus cukup dalam ke jaringan paru-paru dan masuk ke dalam darah.

Zat-zat ini dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil, badai debu, dan kebakaran hutan. Kemunculannya juga dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti asma, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan lainnya.

Sementara itu, kota Delhi di India hari ini menempati urutan kedua (7/6) dalam daftar IQAir dengan indeks kualitas udara 164 dan juga tergolong tidak sehat.

Kota terbesar ketiga di dunia dengan kualitas udara terburuk adalah Bagdad di Irak dengan indeks kualitas udara 162, juga dalam kategori tidak sehat. Jakarta sendiri menempati urutan ke-10 dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia hari ini (7/6). Indeks kualitas udara Jakarta adalah 128, yang dianggap tidak sehat bagi kelompok rentan seperti lansia, anak kecil, dan mereka yang memiliki masalah pernapasan.

Setiap tahun, jutaan orang meninggal karena masalah kesehatan yang berhubungan dengan polusi udara. Menurut WHO, sekitar 4,2 juta kematian manusia prematur di seluruh dunia disebabkan oleh partikel kecil pada tahun 2016.

Berikut 10 kota di dunia dengan kualitas udara terburuk (7 Juni 2023 pukul 13.14 WIB).

1. New York, AS

AQI AS:179

2. Delhi, India

AQI AS:164

3. Bagdad, Irak

AQI AS:162

4.Detroit, Amerika Serikat

AQI AS:160

5. Tel Aviv-Yafo, Israel

AQI AS:155

6.Kuwait, Kuwait

AQI AS:152

7. Santiago, Chili

AQI AS:147

8. Doha, Qatar

AQI AS:132

9. Dubai, Uni Emirat Arab

AQI AS:131

10. Jakarta, Indonesia

AS-AQ:128.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *